Cara Mengetahui ROM Distributor dan Jenis-jenis ROM Resmi Xiaomi

Cara Mengetahui ROM Distributor dan Jenis-jenis ROM Resmi Xiaomi

0
smartphone xiaomi

Tips Membedakan ROM Distributor, Global Stable, Global Developer, China Stable, dan china Developer.

#MendingXiaomi.com – Xiaomi merupakan salah satu vendor smartphone yang cukup sukses memasarkan produknya di Indonesia, meskipun belum semua produk Xiaomi dijual secara resmi di Indonesia namun banyak konsumen yang langsung membeli smartphone ini melalui toko online di Indonesia. Hal yang membuat konsumen tertarik dengan smartphone Xiaomi adalah harganya yang merakyat alias terjangkau dari vendor smartphone lainnya yang memiliki spesifikasi yang sama.

Kesulitan Xiaomi untuk memasarkan produknya di Indonesia disebabkan karena perusahaan asal Tiongkok tersebut harus mematuhi kebijakan pemerintah mengenai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 30%. Sehingga membuat Xiaomi tidak berani memasarkan produk smartphone 4G mereka ke Indonesia secara resmi. Jadi kebanyakan smartphone Xiaomi yang masuk ke Indonesia didapat dari hasil jalur non-resmi.

Smartphone Xiaomi yang dijual di toko online melalui jalur non-resmi memang sangat menggiurkan sebab harganya lebih murah dibandingkan yang resmi, akan tetapi smartphone Xiaomi yang belum resmi dipasarkan di Indonesia memiliki beberapa kekurangan diantaranya tidak mendapatkan garansi resmi dan terkadang perangkat tersebut kebanyakan menggunakan ROM distributor alias abal-abal. Dimana dalam ROM tersebut terdapat iklan yang tiba-tiba muncul yang pastinya sangat menganggu serta bloatware yang tidak penting.

Munculnya ROM distributor ini dikarenakan ulah seller atau penjual yang ingin membuat perangkat tersebut support 4G atau ingin memunculkan fitur seperti perangkat Xiaomi yang resmi, mengingat kebanyakan konsumen ingin mendapatkan apa yang dia lihat melalui spesifikasi yang resmi tanpa perlu ribet menggunakan trik. Dan salah satu perangkat Xiaomi yang dilock fitur 4G melalui update MIUI adalah seri Redmi Note 3.

Yups, masalah ROM distributor ini sering ditanyakan pengguna Xiaomi Redmi Note 3, jadi tidak heran kalau banyak pengguna Redmi Note 3 kebingungan untuk membedakan antara ROM resmi dengan ROM distributor. Umumnya ROM Xiaomi resmi ada 4 jenis, diantaranya Global Stable, Global Developer, China Stable, dan China Developer.

Dari nama ROM tersebut sebenarnya kita sudah dapat mengetahui tujuan atau fungsi-fungsi dari ROM tersebut. Nah, untuk menambah wawasan sahabat Mi Fans mengenai jenis-jenis ROM Xiaomi, disini saya akan menjelaskan pengertian dan cara membedakan ROM Distributor, Global Stable, Global Developer, China Stable, dan China Developer.

#ROM Distributor

ROM Distributor Xiaomi
ROM Distributor memiliki kode versi MIUI lebih 4 digit 8.0.50.0

ROM distributor merupakan firmware resmi, misalnya ROM Global Stable yang kemudian di edit oleh penjual untuk menambahkan fitur-fitur tertentu, biasanya ROM ini memiliki banyak kekurangan diantaranya tidak akan pernah bisa mendapatkan update sistem operasi Android dari MIUI, manajemen RAM yang sangat buruk, banyak bloatware atau aplikasi sampah yang tidak penting, muncul iklan secara tiba-tiba, dan daya baterai yang boros. Namun perlu diingat, bahwa tidak semua seller atau penjual menyisipkan iklan atau bloatware, hanya beberapa seller saja yang nakal melakukan hal tersebut.

Sebab pengalaman pribadi saat menggunakan ROM distributor saya belum menjumpai yang namanya iklan yang muncul secara tida-tiba, meski begitu kamu tidak akan pernah mendapatkan fitur-fitur terbaru dari MIUI karena tidak bisa mendapatkan update OTA. Lantas, bagaimana cara mengetahui ROM distributor atau bukan?

Untuk mengetahui ROM distributor kamu bisa melihat kode versi MIUI di bagian Setting → About Phone. Disitu kamu akan melihat kode versi MIUI, biasanya kalau ROM distributor terdiri dari lebih 4 digit, misalnya jika ROM resmi Global memiliki kode versi MIUI Global 8.0 | Stabil 8.0.1.0 maka ROM distributor bisa lebih dari angka tersebut, contoh 8.0.1.0.11, 8.0.1.0.9, 8.0.55.4 dan seterusnya.

#ROM Global Stable

ROM Resmi Global Stable Xiaomi
ROM Resmi Global Stable hanya memiliki 4 digit 8.2.4.0

ROM Global Stable merupakan firmware yang ditujukan ke semua negara jadi terdapat banyak bahasa yang tersedia, misalnya bahasa Indonesia. Selain itu, ROM Global Stable juga sangat minim bugs jadi cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Lantas, bagaimana cara mengetahui ROM Global Stable atau bukan?

Cara yang paling sederhana untuk mengetahuinya adalah terdapatnya bahasa Indonesia dan Google Play, mendapatkan update firmware MIUI jika ada pembaruan, kemudian cek di bagian Setting → About Phone dan lihat versi MIUI Global 8.2 | Stabil 8.2.4.0. Selain itu, untuk memastikan resmi atau bukan perhatikan jumlah angka versi MIUI tersebut, jika terdiri dari 4 digit berarti bisa dipastikan resmi kalau lebih berarti itu bisa jadi distributor.

#ROM Global Developer

ROM Global Developer merupakan firmware yang juga dikembangkan secara resmi oleh MIUI, namun ROM ini jarang diterapkan ke perangkat Xiaomi yang akan dipasarkan. Sebab statusnya masih dalam tahap pengembangan atau BETA sehingga masih banyak bugs dan tidak cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari. ROM ini hanya dianjurkan kepada pengguna yang suka melakukan oprek atau memodifikasi system Android.

Untuk mengetahui ROM Global Developer ini sebenarnya tidak beda jauh dengan Global Stable, kamu cukup melihat versi MIUI dan melihat tulisan BETA. Selain itu, ROM Global Developer juga lebih cepat mendapatkan update pembaruan sistem setiap minggunya.

#ROM China Stable

ROM China Stable Xiaomi
ROM China Stable tidak ada tulisan global

ROM China Stable merupakan firmware yang sebenarnya sama saja seperti Global Stable, namun ROM ini hanya ditujukan untuk negara China. Beberapa fitur telah dihilangkan dalam ROM China seperti aplikasi milik Google (Chrome, Play Musik, Hangout, Drive, dll). Selain itu, kamu tidak akan menemukan bahasa Indonesia dalam ROM ini. Namun keunggulan dari ROM ini jika dipakai pada perangkat Xiaomi yang dilock jaringan 4G di Indonesia, maka dengan ROM China kamu bisa menikmati jaringan 4G tersebut tanpa perlu menggunakan trik maupun fix 4G.

Untuk mengetahui ROM China Stable ini sebenarnya cukup mudah, kamu tinggal mengecek setelan bahasa jika tidak ada bahasa Indonesia atau tidak ada tulisan Global pada versi MIUI maka bisa dipastikan ROM tersebut ROM China. Selain itu, ROM China jarang digunakan oleh seller untuk di edit menjadi ROM abal-abal jadi ROM China Stable bisa dipastikan resmi.

#ROM China Developer

ROM China Developer merupakan firmware yang tidak beda jauh seperti ROM Global Developer, dimana dalam ROM ini hanya ditujukan bagi pengguna yang suka melakukan oprek atau memodifikasi Android tetapi ROM ini dikhususkan untuk pengguna Xiaomi yang ada di negara China. Lantas, bagaimana cara mengetahui kalau ROM tersebut China Developer? Caranya kamu bisa melihat ciri-ciri pada ROM China Stable hanya saja dalam ROM developer biasanya terdapat tulisan BETA pada versi MIUI.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengetahui jenis-jenis ROM resmi Xiaomi dengan ROM Distributor. Jika ada beberapa tips yang belum saya tuliskan atau sobat mempunyai pendapat lain, jangan malu-malu untuk berkomentar ya!

LEAVE A REPLY