4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Xiaomi

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Xiaomi

0
Tips Membeli Smartphone Xiaomi

Bagi kamu calon pembeli Xiaomi, ada beberapa tips sebelum membeli smartphone Xiaomi yang perlu diketahui supaya kamu tidak salah kaprah.

#MendingXiaomi.com – Xiaomi merupakan salah satu perusahaan gadget asal Tiongkok yang cukup sukses dalam perjalanannya dipasar gadget terutama smartphone. Dengan harga produk yang terjangkau serta spesifikasi yang tinggi membuat banyak orang yang tergiur untuk membeli produk asal Tiongkok ini. Apalagi di Indonesia yang notabene masyarakatnya kelas menengah sehingga smartphone Xiaomi sangat banyak diburu oleh konsumen.

Dulu smartphone Xiaomi masuk ke Indonesia secara resmi, namun setelah pemerintah menerapkan kebijakan baru untuk produk elektronik terutama smartphone 4G yang harus ada kandungan lokal sebesar 30% membuat Xiaomi hengkang dari pasar gadget Indonesia. Jadi peraturan TKDN (Tingkat kandungan dalam negeri) mengharuskan vendor smartphone memasukan komponen produksi hasil buatan Indonesia atau tenaga kerja sebesar 30%, jika perusahaan tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut maka dilarang untuk menjual produknya ke Indonesia.

Setelah kejadian tersebutlah banyak produk smartphone terutama Xiaomi yang dijual secara ilegal melalui blackmarket seperti toko online yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Istilah-istilah baru pun bermunculan, sebut saja ROM abal-abal alias distributor, dimana ROM atau firmware tersebut menyimpan banyak iklan serta bloatware yang sangat mengganggu. Tak hanya itu, jika kamu membeli smartphone Xiaomi tidak resmi maka terkadang beberapa seri Xiaomi tidak bisa mengakses jaringan 4G LTE meskipun secara hardware smartphone kamu sudah mendukung.

Namun setelah kejadian tersebut juga, baru-baru ini Xiaomi telah mendirikan pabrik di Batam untuk memproduksi smartphone 4G nya sendiri. Diantara smartphone yang sudah resmi dijual di Indonesia adalah seri Xiaomi Redmi 4 dan Redmi Note 4. Nah, bagi kamu calon pembeli smartphone Xiaomi yang masih awam, ada baiknya kamu membaca beberapa tips sebelum membeli smartphone Xiaomi dibawah ini terlebih dahulu supaya kamu tidak menyesal nantinya.

1. Ketahui Jenis ROM atau Firmware yang Digunakan

Tips Membeli Smartphone Xiaomi

Tips sebelum membeli smartphone Xiaomi yang pertama adalah menanyakan ROM yang digunakan pada smartphone yang ingin kamu beli. Secara resmi Xiaomi menyediakan 4 jenis ROM, diantaranya ROM Global Stable, China Stable, Global Developer dan China Developer.

ROM China khususkan untuk pengguna di negara China, dan sedangkan ROM Global ditujukan untuk semua negara. Meskipun kamu mendapatkan ROM China tetapi kamu juga masih bisa menggunakan ROM tersebut dimana saja, namun dalam ROM China kamu tidak akan mendapatkan pilihan bahasa Indonesia maupun Google Play Store serta produk-produk dari Google. Sedangkan untuk ROM Developer ini merupakan ROM yang digunakan Xiaomi untuk melakukan pengembangan, jadi kamu jangan heran apabila ROM tersebut akan selalu mendapatkan update lebih cepat daripada jenis ROM yang lain.

Dari ke-4 jenis tersebut pastikan kamu menggunakan yang versi stable terutama yang global, pasti sudah tahu sendiri kan artinya? Yups, karena dalam ROM tersebut lebih layak digunakan dalam kegiatan sehari-hari alias stabil, namun kebanyakan yang dijual juga stable jadi jangan khawatir. Selain dari ke-4 jenis ROM tersebut, ternyata ada satu lagi ROM yang terkenal mendadak yaitu ROM Distributor, dimana ROM Distributor merupakan hasil modifikasi dari salah satu ke-4 jenis ROM resmi Xiaomi.

Kenapa ada ROM Distributor? Hal ini seperti yang kita utarakan tadi, bahwa smartphone 4G yang tidak memenuhi syarat tidak boleh dijual di Indonesia, sehingga memaksa Xiaomi mengunci fitur jaringan 4G LTE melalui software. Karena alasan tersebutlah banyak para seller atau penjual yang melakukan modifikasi ROM supaya dapat mengaktifkan jaringan 4G kembali. Namun ROM Distributor terkenal sebagai ROM abal-abal sebab banyak disisipkannya iklan dan bloatware yang sangat mengganggu serta banyak bugs.

Selain itu, kamu tidak akan bisa melakukan update sistem meskipun menggunakan koneksi internet tercepat sekaligus. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua ROM Distributor itu jellek, tergantung seller atau penjual. Hal ini biasanya sering terjadi pada perangkat seri Xiaomi Redmi Note 3. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis ROM Xiaomi, kamu bisa membaca artikel tentang → perbedaan ROM Distributor dengan ROM Resmi Xiaomi

2. Jangan Sampai Salah Pilih Smartphone

Tips Membeli Smartphone Xiaomi

Smartphone Xiaomi memiliki banyak varian atau seri, meskipun sama bentuknya tetapi dalam spesifikasi memiliki hardware yang berbeda. Tak hanya itu, dalam satu seri juga ada banyak varian. Ambil contoh, Xiaomi Redmi Note 3, Redmi Note 3 Pro, dan Redmi Note 3 Pro Special Edition. Umumnya ke-3 varian tersebut masih dalam satu series yang dikenal sebagai Xiaomi Redmi Note 3.

Untuk yang menggunakan chipset dari MediaTek dikenal sebagai Redmi Note 3 atau nama lainnya Hennessy, sedangkan Redmi Note 3 Pro menggunakan chipset Snapdragon atau nama lainnya Kenzo, dan yang terakhir Redmi Note 3 Pro Special Edition memiliki spesifikasi yang sama seperti Kenzo namun dalam versi Special Edition ini memiliki bodi yang agak besar serta untuk jaringan 4G LTE aman meskipun menggunakan ROM Global Stable dan nama lainnya adalah Kate.

Jadi sebelum membeli smartphone Xiaomi pastikan kamu menanyakan ke penjual atau seller secara detail mengenai spesifikasi supaya kamu tidak salah memilih.

3. Perhatikan Garansi

Tips Membeli Smartphone Xiaomi

Tips sebelum membeli smartphone Xiaomi yang ketiga adalah memilih garansi yang diberikan seller, kalau smartphone Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia secara resmi biasanya didistribusikan oleh TAM. Namun tak sedikit juga distributor lain yang menjual produk Xiaomi di Indonesia. Memang tidak semua jenis smartphone Xiaomi bisa di pasarkan oleh TAM, jadi hanya ada beberapa saja. Sedangkan distributor lain dapat menghadirkan smartphone Xiaomi baru dengan cepat, namun harga yang dibanaderol terkadang tidak stabil.

4. Tanyakan Bisa 4G atau Tidak

Tips Membeli Smartphone Xiaomi

Rata-rata smartphone Xiaomi memang sudah mendukung jaringan 4G LTE, namun ada beberapa juga yang dikunci fitur jaringan 4G nya melalui software oleh pihak Xiaomi. Tips membeli smartphone Xiaomi yang ke-4 ini sebenarnya mengutip dari tips nomor ke-1 jadi bisa dibilang kelanjutannya namun lebih spesifik membahas konektivitas. Jika kamu yang kurang paham mengenai masalah mengoprek Android maka saya sarankan jangan membeli smartphone Xiaomi yang tidak bisa 4G di Indonesia serta jangan membeli smartphone Xiaomi dengan ROM Distributor.

Bagaimana, sudah mengerti? Itulah tips sebelum membeli smartphone Xiaomi yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mempunyai masalah mengenai smartphone Xiaomi, maka kamu akan mudah mengatasinya sebab banyak komunitas yang biasa dikenal Mi Fans yang siap membantu permasalahan kamu.

LEAVE A REPLY